Berita

Aparatur Kecamatan Jatisampurna Dan Jajaran Kelurahan Sholat Gerhana Matahari Bersama

26-12-2019 Berita KECAMATAN JATIASIH

Jatisampurna – Camat Jatisampurna bersama seluruh jajaran staf maupun para Lurah secara istiqhosah sholat sunnah gerhana matahari, di aula kantor kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Kamis (26/12/2019).

Seluruh masyarakat Indonesia menyaksikan fenomena alam langka berupa gerhana matahari cincin (GMC), Kamis (26/12/2019) siang ini. GMC di Indonesia dimulai di Sabang, Aceh, sekitar pukul 10.03 WIB. Sedangkan di Merauke, Papua, menjadi yang terakhir melihat dimulainya GMC, sekitar pukul 14.37 WIT. Ada tujuh provinsi di Indonesia yang dilewati jalur GMC yakni, Aceh, Sumatra Utara (Sumut), Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam sunnah gerhana bersama itu, terlihat juga jajaran maupun staf kelurahan se Jatisampurna yang ikut berpartisipasi. Sholat gerhana itu di pimpin iman oleh Imam ustad Mumu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Jatisampurna, dan khotib/ tausiah oleh ustad Muhtadin. Terlihat Camat Jatisampurna usai apel hari bela negara di Pemkot tadi pagi langsung menuju kantor kecamatanya untuk mengikuti sholat sunnah gerhana matahari didampingi oleh seluruh lurah berikut jajarannya.

“Dan dari sebagian tanda-tanda-Nya adalah adanya malam dan siang serta adanya matahari dan bulan. Janganla kamu sujud kepada matahari atau bulan tetapi sujudlah kepada Allah Yang Menciptakan keduanya. (QS. Fushshilat : 37),” ungkap Ustad Muhtadin dalam tausiahnya usai sholat gerhana didepan seluruh jajaran staf se kecamatan jatisampurna. Sholat sunnah yang di tuntun oleh Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, itu dilaksanakan dengan hikmat oleh seluruh jajaran OPD kecamatan jatisampurna bersama jajaran kelurahan.

Diketahui, gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi. Fenomena ini merupakan salah satu akibat dari dinamisnya pergerakan matahari, bumi, dan bulan. Kerap terjadi pada saat fase bulan baru. (Yud)

Sumber: https://suarapena.com/aparatur-kecamatan-jatisampurna-dan-jajaran-kelurahan-sholat-gerhana-matahari-bersama/

Baca Juga